Hakim Agung AS Bakal Dijabat Seorang Perempuan

Hakim Agung AS Bakal Dijabat Seorang Perempuan

Radarcirebon.com, WASHINGTON DC-Hakim Agung Amerika Serikat (AS) Stephen Breyer yang sudah berusia 83 tahun bakal pensiun Juni nanti. Sebelum kursi Hakim Agung itu mengalami kekosongan, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mempersiapkan penggantinya.

Biden memenuhi janjinya, bakal memilih hakim agung perempuan sebagai pengganti Stephen Breyer.
Dilansir The Guardian, Biden telah mewawancarai tiga kandidat.

Ketiganya adalah perempuan kulit hitam. Yaitu, Ketanji Brown Jackson, Leondra Kruger, dan J Michelle Childs. Pemimpin 79 tahun itu akan mengungkap siapa yang dia pilih pada akhir bulan ini.

”Presiden belum memutuskan siapa yang bakal dinominasikan,” ujar Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki seperti dikutip Agence France-Presse. Dia menegaskan tidak akan mengungkap detail proses penyaringan tiga kandidat tersebut.

BACA JUGA:

Selama ini Jackson ditengarai sebagai kandidat yang paling unggul. Perempuan 51 tahun tersebut adalah hakim di Pengadilan Banding Sirkuit AS.

Dia memiliki latar belakang yang berbeda dengan calon lainnya. Biasanya, hakim mengawali karirnya sebagai jaksa. Jackson pernah menjadi pembela umum federal untuk terdakwa yang miskin selama dua tahun.

Jackson juga dikenal tidak pandang bulu. Pamannya sendiri pernah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup pada 1989 karena kepemilikan narkoba jenis kokain.

Berita berlanjut di halaman berikutnya:

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: